Ads

30 May 2018

Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh Tetap Terjaga Selama Puasa

Puasa merupakan kewajiban setiap muslim. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan cairan selama lebih dari 12 jam.

Hal ini dapat mengakibatkan rentannya sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, sistem kekebalan tubuh harus senantiasa dijaga agar ibadah puasa bisa dijalankan dengan baik.
Berikut cara menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga :

1. Tidur yang cukup

Selama bulan puasa, waktu tidur memang berkurang dari biasanya. Untuk itu, manfaatkan waktu tidur sebaik-baiknya. Jangan tidur larut malam karena sangat berpotensi menurunkan sistem kekebalan tubuh secara sigfnifikan.

2. Minum air yang cukup

8 gelas perhari merupakan kebutuhan cairan tubuh kita. Minumlah 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas sebelum tidur. Hal ini dapat menjaga tubuh dari kekurangan cairan yang dapat memicu turunnya sistem imun kita.

3. Jangan Merokok!

Selain bau, kandungan yang ada dalam rokok dapat memicu kerja jantung, pembukluh darah, dan sistem pernafasan menjadi lebih ekstra. Ini bisa merusak organ vital tubuh dan otomatis sistem imun menurun.

4. Konsumsi vitamin D

Vitamin D dapat diperoleh dari jamur, susu, telur, keju, minyak ikan kod, dan lainnya. Jangan sampai kekurangan vitamin D karena dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah, lemas dan mudah sakit.

5. Olahraga teratur

Luangkan waktu 15-30 menit waktu Anda untuk olahraga. Olahraga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh dan menjadikan tubuh kuat untuk melawan berbagai virus dan bakteri.

6. Konsumsi multivitamin

Tidak hanya vitamin D, tubuh juga membutuhkan Vitamin A,B,C,E,K, asam amino, asam folat dan lain sebagainya. Konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan agar nutrisi tubuh tetap terjaga dan sistem imun meningkat dan terjaga.

Sumber Tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Kegunaan lain Tombol Power pada Smartphone

Yosh.. jumpa lagi gaes dengan Tuwan info. Ya disini saya akan mencoba membahas mengenai kegunaan lain dari tombol power yang ada pada smart...