Ads

22 May 2018

Tipe-tipe orang dalam mencari ilmu

Assalamualaikum. Wr. Wb

Pagi sobat Tuwan Info, semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT.
Di pagi yang cerah ini saya akan mencoba berbagi sedikit ilmu yang saya ambil dari kitab bidayatul hidayah tentang tipe-tipe orang dalam mencari ilmu. Tak bisa di pungkiri ilmu adalah sesuatu yang sangat penting di dunia ini, karena segala sesuatu yang didasari dengan ilmu sejatinya akan bermanfaat.

Namun seringkali kita tak sadar tentang apa sih tujuan kita dalam mencari ilmu itu sendiri.Ada yang memang murni untuk mencari ilmu, ada yang terpaksa, bahkan ada yang niatnya hanya untuk pamer, atau mencari sanjungan dari orang lain.

Nah berikut akan saya berikan beberapa klasifikasi para pencari ilmu.

Monggo di simak..

1. Mencari ilmu untuk bekal di akhirat

Orang yang demikian dalam mencari ilmu hanya bertujuan untuk mendapat ridho Allah dan juga mendapat kebahagiaan di akhirat kelak. Orang-orang yang mencari ilmu dengan tujuan demikian inilah yang termasuk dalam kategori orang yang beruntung.

2. Mencari ilmu untuk kepentingan duniawi

Orang yang seperti ini dalam mencari ilmu memiliki tujuan untuk memperolah kemuliaan, kedudukan dan juga harta. Padahal dalam hatinya ia telah menyadari tentang kejelekan niatnya dan kehinaan maksudnya,  orang-orang seperti ini termasuk dalam kategori orang yang sedang dalam bahaya.

3. Pencari ilmu yang di kuasai oleh Syetan

Mereka adalah orang yang mencari ilmu dengan tujuan semata-mata untuk kepentingan hawa nafsunya semata. Dia mencari ilmu hanya untuk mendapatkan kekayaan sebanyak-banyaknya,  mengejar kehormatan dengan pangkat yang tinggi,  dan untuk mendapat sanjungan dari banyak orang.
Orang seperti ini sudah terkena tipu daya syetan,  merasa mempunyai kedudukan yang tinggi dimata Allah SWT.
Berpakaian layaknya ulama sungguhan,  berkata layaknya mereka padahal sejatinya dia adalah orang yang rakus akan dunia. Orang yang demikian termasuk golongan orang yang binasa dan tertipu oleh syetan dan sangat kecil kemungkinannya untuk bertaubat,  karena dia merasa telah menjadi orang yang baik.

Dia telah lupa dengan firman Allah swt :

  "Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan". (QS As-Shof :2)

Orang yang demikian ini juga telah di singgung oleh Rasulullah Saw dalam haditsnya :

" Ada sekelompok orang selain dajjal, yang paling aku takutkan atas kalian semua, kekhawatiran ini lebih dari kekhawatiranku terhadap dajjal, "Lalu salah seorang bertanya kepada Rasulullah saw : "siapakah mereka ya Rasulullah?"  Beliau menjawab : "Mereka adalah ulama-ulama Suu (jahat)".

Naudzubillah,  semoga kita semua tidak tergolong dalam orang-orang yang merugi dalam mencari ilmu. Niatkan lah mencari ilmu dengan tujuan-tujuan yang baik.

Mencari kebutuhan dunia itu dianjurkan, tapi seimbangkan antara dunia dan juga akhirat agar tidak berat sebelah dan terjerumus dalam tujuan yang kurang mulia.

Cukup sekian ulasan kecil dari saya,  semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dalam mencari dan juga mengamalkan ilmu di dunia ini.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

No comments:

Post a Comment

Kegunaan lain Tombol Power pada Smartphone

Yosh.. jumpa lagi gaes dengan Tuwan info. Ya disini saya akan mencoba membahas mengenai kegunaan lain dari tombol power yang ada pada smart...