Ads

14 May 2018

Jangan Terkecoh Makna Jihad yang Sesat

Lumajang, Teror bom yang mengguncang sejumlah lokasi di tanah air dalam dua hari terakhir  ini, khususnya di Surabaya dan Sidoarjo, seharusnya  kian menyadarkan masyarakat akan makna jihad yang benar. Sebab, tindakan para teroris yang mengatasnamakan jihad  (membela Islam) itu, justru jauh dari nilai-nilai Islam yang notabene mencintai kedamaian dan menjunjung toleransi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Sekretaris PCNU Jember, Moch Eksan  saat memberikan tausiyah dalam Wisuda Tahfidh Juz ‘Amma & Pelepasan siswa-siswi RA dan MI Maarif NU Darul  Falah, Desa Wonosari, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Ahad (13/5) malam.

Menurutnya, jihad yang dimaknai sempit dengan arti berperang dan membunuh, menjadi sumbu pendek meledaknya aksi teror di segenap penjuru dunia.

“Padahal konteksnya sekarang sudah beda. Makna jihad hari ini adalah memberantas kemiskinan, keterbelakangan dan sebagainya yang rata-rata menimpa umat Islam,” tukasnya.

Oleh  karenanya, anggota Komisi E DPRD Jawa Timur itu berharap agar masyarakat tak terkecoh dengan makna jihad yang sesat dan ajakan untuk berjihad sebagaimana digembar-gemborkan gerombolan radikal. Untuk itu, katanya,  masyarakat harus dididik agar tahu Islam yang sesungguhnya dan makna jihad yang benar. Salah satu caranya adalah dengan menyekolahkan anak-anak ke lembaga atau pesantren yang berafiliasi  ke NU.

“Jangan sampai kita keliru memilih sekolah. Sebab, dewasa ini banyak lembaga yang juga menyebut dirinya Ahlussunnah wal Jamaah, tapi ujung-ujungnya jadi ekstremis,” ucapnya.

Selama ini, NU dan pesantren-pesantren yang berafiliasi ke NU cukup getol memberi pemhaman tentang makna jihad yang  benar. Intinya, Islam harus menjadi rahmat bagi seluruh alam. Bukan sebaliknya, memperorak-porandakan kedamaian atas nama membela agama Islam.

“Membela Islam bukan dengan cara menghalalkan darah manusia yang tak berdosa,” jelasnya. (Aryudi Abdul Razaq/Muiz)

Sumber : nu online

No comments:

Post a Comment

Kegunaan lain Tombol Power pada Smartphone

Yosh.. jumpa lagi gaes dengan Tuwan info. Ya disini saya akan mencoba membahas mengenai kegunaan lain dari tombol power yang ada pada smart...