Ads

16 May 2018

Adab ketika berpuasa

Puasa,  puasa adalah salah satu kegiatan yang tidak asing bagi kita seorang muslim,  ada berbagai macam puasa,  ada puasa sunah, puasa wajib,  bahkan puasa nadzar.

Berbicara mengenai puasa, banyak diantara kita yang belum tahu tentang beberapa perkara yang harusnya kita hindari meskipun hal tersebut tidak menggugurkan sahnya puasa,  gunanya untuk apa?  Yang pasti agar ibadah puasa kita bisa sempurna dimata Allah SWT.

Ada beberapa perkara yang dapat merusak pahala puasa, diantaranya adalah :

1.) Memelihara mata dari melihat sesuatu yang tidak disukai oleh Allah,  atau melihat suatu kemaksiatan

2.) menjaga lisan dari perkataan-perkataan yang bisa menyakiti orang lain, menggunjing dan atau perkataan yang tidak faedahnya

3.) Memelihara telinga dari mendengarkan hal yang tidak berguna, atau mendengar sesuatu yang diharamkan lleh Allah.
Sebab, orang yang mendengarkan barang haram maka hukumnya akan sama sebagimana orang yang mengucapkannya.

4.) berhati-hatilah dalam berbuka puasa.  Hendaklah mencari makanan dan minuman yang halal,  jangan sampai memakan makanan yang haram.

5.) jangan memperbanyak makan dan minum di kala berbuka,  meskipun itu dengan barang yang halal,  karena hal yang berlebihan adalah hal yang tidak disukai oleh Allah,  dan juga apabila hal demikian itu dilakukan maka tidak ada bedanya dengan kita berpuasa atau tidak berpuasa.

Orang yang berpuasa hendaklah menjaga anggota badan dari segala perbuatan yang dilarang oleh agama, seperti mencegah makan dan minum,  dan memelihara kemaluan.

Rasulullah saw bersabda :

"ada lima perkara yang dapat membatalkan (pahala) puasa, yaitu bohong,  mengumpat, mengadu domba, bersumpah palsu, dan melihat sesuatu disertai syahwat"

Disamping itu Rasulullah juga pernah bersabda :

"sesungguhnya Puasa adalah penangkal api neraka,  maka apabila seseorang diantara kamu sedang melakukan puasa hendaklah menjauhi diri dari percakapan dan perbuatan yang kotor, yang tak disertai ilmu. Apabila ada seseroang yang mengajak bertengkar, maka katakanlah kepadanya "aku sedang berpuasa" "

Setelah mengetahui maksud dan tujuan puasa, hendaklah mengamalkan hal-hal yang baik agar puasa yang kita lalui terutama dibulan Suci Ramadhan tidak sia-sia hanya untuk menahan lapar dan dahaga semata.

Semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga puasa Ramadhan kali ini diberi kelancaran dan barokah oleh Allah SWT.  Aamiinn

Referensi : Kitab Bidayatul Bidayah

No comments:

Post a Comment

Kegunaan lain Tombol Power pada Smartphone

Yosh.. jumpa lagi gaes dengan Tuwan info. Ya disini saya akan mencoba membahas mengenai kegunaan lain dari tombol power yang ada pada smart...