Ads

14 April 2018

Adab masuk kamar kecil/wc

Dalam Islam seala sesuatunya diatur sedemikian rupa, dari hal yang begitu penting hingga hal-hal yang terrdengar sepele sekalipuan, seperti masuk kamar mandi.

Sering kali ketika kita mau masuk ke kamar mandi tidak memperhatikan adab atau tata cara yang disarankan oleh agama islam , ada yang lupa , ada yang tak tau, tapi ada juga yang sengaja .hehe

Mari kita uraikan lagi

Apabila kita hendak masuk kamar kecil alangkah baiknya untuk mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu, dan keluar dengan menggunakan kaki kanan dahulu, dan jangan sekali-sekali membawa barang yang terdapat tulisan Allah dan Rasulullah.


Sebaiknya juga memakai tutup kepala dan juga memakai alas kaki, jangan lupa untuk berdoa (yang pasti kalian sudah hafal kan doanya. Hihihihi)

Apabila kalian hendak beristinja' di tanah yang lapang, maka usahakan untuk mencari tempat yang jauh dari pandangan orang.Janganlah membuka aurat sebelum sampai ditempat untuk buang air, dan janganlah menghadap ke arah kiblat atau membelakangi kiblat ketika membuang air.

Janganlah pula kalian kencing ditempat yang sering dilewati orang, di air yang tidak mengalir, dibawah pohon yang bisa berbuah, dan diatas tanah yang keras atau arah bertiupnya angin (untuk menjaga percikannya)

Rasulullah pernah bersabda :

"Sesungguhnya sebagian penghuni neraka itu karena air kencing (kurang hati² menjaga percikannya)"

Janganlah sekali-sekali kencing dalam keadaan berdiri kecuali karena terpaksa.

Adapun istinja, usahakan memakai alat bersuci berupa batu lalu dibilas air. Tapi apabila ingin menggunakan salah satunya alangkah baiknya untuk memilih air karena lebih bersih untuk menghilangkan kotoran.


Cukup sekian sedikit ilmu yang bisa saya sampaikan, semoga bisa Bermanfaat untuk kita semua

Wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment

Kegunaan lain Tombol Power pada Smartphone

Yosh.. jumpa lagi gaes dengan Tuwan info. Ya disini saya akan mencoba membahas mengenai kegunaan lain dari tombol power yang ada pada smart...